Jumat, 04 Agustus 2017

PERBEDAAN ANTARA FANSUBS DENGAN FANSHARE

Assalamualaikum, Teman-teman. Postingan kali ini akan membahas tentang fansubs dan fanshare. Di postingan saya yang sebelumnya, saya membahas tentang fansubs dan fanshare. Namun, saya belum menjelaskan tentang pengertian dan perbedaan antara keduanya. Maka dari itu, saya memutuskan untuk membuat postingan tentang dua hal ini. Tanpa berbasa-basi lagi, mari kita mulai postingannya.

Fansubs dan fanshare adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan dari dunia per-animean. Keduanya memiliki tujuan yang sama, namun memiliki perbedaan pada andil dan tugas mereka. Di Indonesia sendiri, jumlah fansubs dan fanshare sangat banyak. Ada fansubs dan fanshare yang masih aktif, ada yang hiatus, ada yang berhenti, ada juga yang pensiun. Karena saking banyaknya fansub atau fanshare di Indonesia, saya menggolongkan mereka menjadi beberapa kategori, Untuk lebih jelasnya , kalian bisa baca disini

PENGERTIAN


Fansubs adalah suatu komunitas, asosiasi, atau perkumpulan yang diisi oleh manusia-manusia maniak anime yang mengerjakan sebuah projek anime dengan menyertakan subtitle di video tersebut dengan tujuan membantu para manusia maniak anime lainnya yang nggak ngerti bahasanya. Singkatnya, fansubs itu menyediakan video anime dengan menyertakan subtitle yang mereka buat sendiri dalam bahasa negara mereka. Subtitle yang mereka buat itu, bisa mereka alih bahasakan dari bahasa inggris (english subtitle) atau mereka membuat subtitle dengan mendengarkan dialog dan menerjemahkannya ke bahasa mereka.

Fanshare adalah suatu komunitas, asosiasi, atau perkumpulan yang diisi oleh manusia-manusia maniak anime yang nggak mengerjakan sebuah projek. Mereka lebih kepada share atau membagikan hasil pekerjaan fansubs. Maksudnya, mereka tidak membuat subtitle untuk anime namun mereka hanya membagikan pekerjaan fansubs lain. Tujuannya adalah mempermudah para pecinta anime untuk mengunduh sebuah anime. Selain itu, bisa menjadi back-up data fansub lain. Jadi jangan berpikiran bahwa fanshare itu curang atau tukang nyolong dan lain sebagainya. Mereka hanya menyediakan, bukan mengklaim ; mereka hanya membantu, bukan mengambil alih. 

Sekian dari saya. Saya ucapkan terima kasih. Sampai jumpa di postingan berikutnya. Jangan lupa untuk like, comment, and subscribe. 

*BYE-BYE*



3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Mantap gan. Jangan lupa untuk mampir di webanoboy

    BalasHapus
  3. Mungkin bisa lihat lebih jelasnya di artikel ini https://www.ruang-digital.my.id/2020/08/apa-itu-fanshare-dan-apa-itu-fansub.html

    BalasHapus